Tutorial Anda

Tutorial Segala Ilmu Internet

Cara pengeringan cabai keriting sebagai alternatif mengatasi turunya harga

Tutorial Anda, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara pengeringan cabai keriting sebagai alternatif mengatasi turunya harga, mudah-mudahan isi postingan Tutorial Cabai, Tutorial Cabai Keriting, Tutorial Tips, yang kami sajikan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.


 

Macam-Macam Cabai Kering
Cabai kering yang dikenal dipasaran sekarang ini terdiri dari berbagai bentuk : utuh, rajangan, belah, dan tepung. Semua jenis cabai kering ini rata-rata berkadar airmaksimum 8%. Kualitas cabai kering ini lebih sesuai dengan ketentuan atau permintan kensumen, baik rasa, warna, aroma, tingkat kepedasan, kadar kotoran, kadar vitamin (A dan C), bebas hama dan penyakit, serta modulus kehalusannya.

Cara Pengeringan
Proses pengeringan cbai sebenarnya tidak terlalu rumit. Banyak cara yang bisa digunakan, mulai dari yang sederhana sampai yang menggunakan mesin. Tahap pertama dalam pengeringan ini adalah persiapan, lalu dilanjutkan dengan proses pengeringan.

Persiapan Pengeringan
Tahap persiapan dalam pengeringan cabai adalah sortasi (seleksi). Pada tahap ini, cabai yang busuk, warnanya jelek, dan tidak seragam dipisahkan dari yang bagus. Dalam sortasi ini juga dilakukan pembuangan tangkai buah. Setelah bersih, cabai tersebut ditimbang. Selanjutnya dilakukan blanching dan perendaman dengan larutan BHT atau asam sulfat yang dicampur air, kemudian dipanaskan sampai mendidih selama 15 menit. Proses perendaman dan pemanasan ini berguna untu menghilangkan hama dan penyakit dalam biji cabai yang akan dikeringka. Setelah itu, ditiriskan sampai agak kering. Cabai-cabai tersebut kemudian ditempatkan pada rak yang telah disiapkan untuk pengeringan. Cabai ini siap dikeringkan dengan sinar matahari, mesin, atau gabungan antara matahari dan mesin.

Proses Pengeringan
Cabai yang telah ditempatkan pada rak dapat dikeringkan dengan sinar matahari, mesin pengering, atau gabungan antara sinar matahari dan mesin.
  1. Pengeringan dengan sinar matahari; Pengeringan dengan sinar matahari memerlukan waktu yang cukup lama. Kadar air yang didapat sulit mencapai 10% dan hasilnya tidak bersih.
  2. Pengeringan dengan mesin; Pengeringan dengan mesin dapat menghasilkan cabai kering dengan kadar air 8%. Untuk mendapatkan cabai kering yang berkualitas bagus, panas yang digunakan harus rendah, yakni antara 40-500c selama 24-35 jam. Apabila suhu terlalu tinggi atau pengeringan terlalu lama dari waktu tersebut, warna cabai menjadi gelap.
  3. Pengeringan dengan sinar matahari digabung dengan mesin; Selain cara diatas, ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengeringkan cabai. Cara tersebut merupakan perpaduan antara pengeringan secara alami dan pengeringan secara mesin.
Pertama kali cabai yang telah dibersihkan dijemur dibawah sinar matahari hingga kadar airnya mencapai 15-20%. Setelah itu, cabai tersebut dikeringkan lagi dengan menggunakan mesin untuk menekan kadar air sampai 8%. Bila mengandalkan sina matahari, untuk menekan kadar sampai dibawah 10%, diperlukan waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, harus digunakan mesin pengering yang bisa diatur suhu ruangnya. Jika menggunakan mesin pengering, pengeringan cabai, setelah dijemur di bawa hsinar matahari, memerlukan waktu 24 jam. Dengan waktu sesingkat ini dapat diperoleh cabai kering berkadar air 8%.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara pengeringan cabai keriting sebagai alternatif mengatasi turunya harga"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top