Tutorial Anda

Tutorial Segala Ilmu Internet

Cara Konfigurasi Modem Indihome ZTE F609 Menjadi Access Point

Tutorial Anda, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Konfigurasi Modem Indihome ZTE F609 Menjadi Access Point, mudah-mudahan isi postingan Tutorial device setting, yang kami sajikan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Modem router yang tidak terpakai bisa di gunakan sebagai access point untuk mengkover jaringan wireless anda di rumah agar jangkauannya lebih luas lagi. Dengan menggunakan modem Indihome ZTE F609 yang di hubungkan dengan seumber internet melalui kabel LAN, sumber internet bisa berupa dari modem indihome yang lain atau bisa juga dari router mikrotik.

Modem Indihome ZTE F609 bekas di pasar online rata rata di jual dengan harga 100 ribuan, cukup murah dari pada beli access point yang harganya bisa mencapai 200 ribuan. Modem ZTE F609 merupakan perangkat ONT (Optical Network Terminal) yang di pasang dari sisi client jika kita berlangganan internet Indihome yang memanfaatkan teknologi GPON (Gigabit Passive Optical Network ). 

Kelengkapan alat ayng perlu di sediakan
1. Modem ZTE F609
2. Kabel LAN UTP
3. Laptop

Langsung saja berikut cara konfigurasi modem ZTE F609 menjadi Access Point
1. Partikan reset terlebih dahulu modem yang ingin di konfifurasi dengan menekan tombol reset di belakang modem.

2. Pastikan modem menyala lalu hubungkan port LAN dengan kabel UTP ke laptop, konfigurasi IP address laptop 192.168.1.2 netmask 255.255.255.0.

3. Buka webbrowser dengan mengetikan alamat 192.168.1.1 tunggu sebentar akan muncul halaman login dengan mengisikan username admin password admin

4. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini



5. Untuk mengatur koneksi internet masuk di menu
    1. Klik menu network
    2. Klik menu WAN
    3. Klik menu WAN Connection

6. Untuk membuat koneksi baru kita pilih Create Wan Connection seperti gambar di bawah ini


7. Setelah membuat koneksi bridge, pastikan beberapa port LAN dan Wifi bisa saling terhubung dengan melakukan port binding pada menu Port Binding


8. Selanjutnya masuk di menu WLAN untuk setting chanel frequensi, Band, Mode dll


9. Selanjutnya konfigurasi nama SSID masih pada menu WLAN


10. Masuk di menu Security untuk keamanan wireless anda


11. Konfigurasi IP Address dan DHCP server pada menu LAN -- DHCP server Kita ubah IP nya menjadi 192.168.100.254. Jangan Lupa Check list Enable DHCP Server Lalu klik tombol submit di bawah, konfigurasi sudah selesai.


Konfigurasi sudah selesai, tinggal anda koneksikan perangkat wireless anda seperti laptop ataupun smartphone ke modem yang kita konfigurasi di atas, semoga artikel ini berguna bagi anda, selamat mencoba

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Konfigurasi Modem Indihome ZTE F609 Menjadi Access Point"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top