Tutorial Anda

Tutorial Segala Ilmu Internet

PENGERTIAN TALENTA, GENIUS, GIFTID DAN SUPERIOR

Tutorial Anda, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PENGERTIAN TALENTA, GENIUS, GIFTID DAN SUPERIOR, mudah-mudahan isi postingan Tutorial KULIAH, yang kami sajikan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

PENGERTIAN DARI ANAK YANG MEMILIKI TALENTA, GENIUS, GIFTID DAN SUPERIOR
KATA PENGANTAR

Puji sukur penulis panjatkan kehadirat Allah swt. karena berkat dan hidayah-Nya penulis telah mampu menyelesikan makalah berjudul “Pengertian Dari Anak Yang Memiliki Talenta, Genius, Giftid dan Superior”. Makalah ni disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Dasar-Dasar Pemahaman Anak Berbakat.
Setiap orang diberi karunia oleh Tuhan satu atau lebih bakat dalam bidang masing-masing seperti melukis, fotografi, bermain musik, bernyanyi, olahraga, dan masih banyak lagi.
Sebagai orang tua, kita tahu apa yang menjadi minat anak-anak kita sejak mereka kecil. Kita tahu bakat apa yang mereka miliki. Bantulah anak-anak mengenali bakat mereka juga.
Bakat sebagai potensi masih memerlukan pendidikan dan latihan agar suatu kinerja (performance) dapat dilakukan pada masa yang akan datang. Ini memberikan pemahaman bahwa bakat khusus sebagai “potential ability” untuk dapat terwujud sebagai kinerja (performance) atau perilaku nyata dalam bentuk suatu prestasi yang menonjol, masih memerlukan latihan dan pengembangan lebih lanjut.
Penulis menyadari bahwa selama penulisan makalah ini banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh itu, penulis mengucapkan terimakasih kepada :
  1. Ibu Siti Fauziah, S.Ag. M.Pd Selaku dosen mata kuliah yang telah membantu penulis selama menyusun makalah ini;
  2. Rekan-rekan seangkatan yang telah memotivasi penulis untuk menyelesaikan penulisan makalah ini;
  3. Semua pihak  yang tidak bisa penulis sebut satu persatu.

Semoga Allah swt, memberikan balasan yang berlipat ganda.
Makalah ini bukanlah karya yang sempurna karena masih memiliki banyak kekurangan, baik dalam hal isi maupun sistematika dan teknik penulisanya. Oleh itu, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan makalah ini. Akhirnya semoga makalah ini bisa memberikan manfaat bagi penulis dan pembaca. Amin.

Cibenda, 13 Juli 2018 Penulis

  
BAB I
PENDAHULUAN
Isu menarik berkaitan dengan layanan pendidikan bagi anak berbakat (gifted) yang dalam bahasa undang - undang disebut dengan peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa atau lebih popular di masyarakat dengan cerdas istimewa (CI) dan bakat istimewa (BI) adalah adanya beragam motivasi dan implementasinya.

Dalam perspektif global, penyelenggaraan program akselerasi memberikan nilai positif, karena tidak dapat dipungkiri bahwa tantangan global dan persaingan antar bangsa dalam berbagai aspek kehidupan semakin nyata. Sehingga dengan penyelengaraan program akselerasi diharapkan lahir sumber daya manusia unggul yang dapat bersaing dalam lingkup nasional dan global.

Pada dasarnya, setiap individu atau setiap anak memiliki bakat yang berbeda – beda. Perbedaan itu terletak pada jenis bakat yang dimiliki. Anna Pavlova misalnya, sangat berbakat sebagai penari ballet. Rembrandt, Van Gogh, Leonardo da Vinci, Affandi, Basuki Abdullah, S.Sudjono, Barly, dan Ahmad Sadali, sanggup mempesonakan dunia dengan lukisan – lukisan mereka. Rocky Marciano, Joe Louis, dan Muhammad Ali adalah beberapa nama yang kini melegenda karena bakat tinju mereka. Boby Fisher, Anatoly Karpov dan Garry Kasparov menjadi sangat terkenal karena bakat mereka dalam bidang catur.

Darimana datangnya kejeniusan mereka dalam masing – masing bidang itu? Karena bakat atau dari pembawaan? Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, kami pemakalah dari kelompok I akan mengupas pembahasan seputar masalah bakat atau anak berbakat ini, dengan batasan masalah mulai dari pengertian, karakteristik, serta identifikasi anak berbakat yang akan kami bahas pada bagian pembahasan.

BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Talenta
Talented ditujukan untuk dua kemampuan unggul yaitu:
Bidang akademis khusus
Bidang non-akademis
Talented, berhubungan dengan penampilan (Performance) yang secara jelas berbeda diatas rata-rata dalam satu atau lebih bidang aktivitas manusia.
Contoh orang yang talented bisa diwakili oleh Bung Karno yang sangat jago dalam berpidato dan jago menguasai massa. Presiden Soekarno (EYD: Sukarno) dapat berpidato berjam-jam tanpa jeda dan tanpa teks, dan anehnya pendengarnya tidak jenuh-jenuh dan tetap serius mendengarkan beliau. Mengenai betapa berbakatnya Bung Karno dalam kemampuan berpidato dan mempersuasi massa dapat dibaca pada artikel Keajaiban-keajaiban Pidato Bung Karno.

B. Pengertian Genius
Genius ialah anak yang memiliki kecerdasan luar biasa, sehingga dapat menciptakan sesuatu yang sangat tinggi nilainya.Intelligence Quotien-nya (IQ) berkisar antara 140 sampai 200.Anak genius memiliki sifat-sifat positif sebagai berikut; daya abstraksinya baik sekali, mempunyai banyak ide, sangat kritis, sangat kreatif, suka menganalisis, dan sebagainya. Di samping memiliki sifat-sifat positif juga memiliki sifat negatif, diantaranya; cenderung hanya mementingkan dirinya sendiri (egois), temperamennya tinggi sehingga cepat bereaksi (emosional), tidak mudah bergaul, senang menyendiri karena sibuk melakukan penelitian, dan tidak mudah menerima pendapat orang lain.

C. Pengertian Giftid
Anak ini adalah anak yang tingkat kecerdasannya (IQ) antara 125 sampai dengan 140. Di samping memiliki IQ tinggi, juga bakatnya yang sangat menonjol, seperti ; bakat seni musik, drama, dan ahli dalam memimpin masyarakat. Anak gifted diantaranya memiliki karakteristik; mempunyai perhatian terhadap sains, serba ingin tahu, imajinasinya kuat, senang membaca, dan senang akan koleksi.

D. Pengertian Superior
Anak superior tingkat kecerdasannya berkisar antara 110 sampai dengan 125sehingga prestasi belajarnya cukup tinggi. Anak superior memiliki karakteristik sebagai berikut; dapat berbicara lebih dini, dapat membaca lebih awal, dapat mengerjakan pekerjaan sekolah dengan mudah dan dapat perhatian dari teman-temannya. James H. Bryan and Tanis H. Bryan (1979; 302) mengemukakan bahwa karakteristik anak berbakat itu (gifted) meliputi; physical, personal, and social characteristics. Sedangkan David G. Amstrogn and Tom V. Savage (1983; 327) mengemukakan; “Gifted and talented students are individuals who are characteristized by a blaned of (1) high intelligence, (2) high task comitment, and (3) high creativity. Secara umum hampir semua pendapat itu sama, bahwa anak berbakat memiliki kemampuan yang tinggi jika dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya.
Hasil studi lain menemukan bahwa “Anak-anak berbakat memiliki karakteristik belajar yang berbeda dengan anak-anak normal. Mereka cenderung memiliki kelebihan menonjol dalam kosa kata dan menggunakannya secara luwes, memiliki informasi yang kaya, cepat dalam menguasai bahan pelajaran, cepat dalam memahami hubungan antar fakta, mudah memahami dalil-dalil dan formulaformula, tajam kemampuan analisisnya, membaca banyak bahan bacaan (gemar membaca), peka terhadap situasi yang terjadi di sekelilingnya, kritis dan memiliki rasa ingin yang sangat besar” (Renzuli, 1979, Fahrle dkk.; 1985, Galagher, 1985, Maker; 1982) dalam Dedi Supriadi (1992; 9).

BAB III
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dalam klasifikasi anak berbakat terdiri dari beberapa jenis yaitu :
1. Talenta
2. Genius
3. Giftid
4. Superior
Dari klasifikasi anak berbakat tersebut merupakan  mereka orang-orang yang mampu memiliki prestasi tinggi karena memiliki kemampuan yang luar biasa. Mereka menonjol secara konsisten dalam satu atau beberapa bidang, meliputi bidang intelektual umum, bidang kreatifitas, bidang seni/kinetik,bidang psikolosial/kepemimpinan. 

B. Saran
Berdasarkan pembahasan dan simpulan, saran saya untuk semua anak berhak mendapatkan kesempatan mengasah bakatnya sehingga dapat ditemukan titik kelebihannya yang positif dengan perhatian dan pengertian orang tua sebagai motivator eksteren yang utama.

DAFTAR PUSTAKA

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "PENGERTIAN TALENTA, GENIUS, GIFTID DAN SUPERIOR"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top