Tutorial Anda

Tutorial Segala Ilmu Internet

Penjelasan dan Macam ODP Jaringan Fiber Optik

Tutorial Anda, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penjelasan dan Macam ODP Jaringan Fiber Optik, mudah-mudahan isi postingan Tutorial device setting, yang kami sajikan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



ODP adalah singkatan dari Optical Distribution Point yang merupakan sebuah perangkat pendukung layanan fiber optik yang berfungsi sebagai titik terminasi kabel drop optik atau tempat untuk membagi satu core optic ke beberapa pelanggan (terminal). Komponen  perangkat ODP  terdiri  dari  optical  pigtail,connector  adapter, splitter room, ruang manajemen fiber dengan kapasitas tertentu dan dilengkapi dengan tempat untuk jalur masuk dan keluar kabel (kabel distribusi dan dropcore) ODP terbagi dalam beberapa jenis, yaitu.

1. ODP Closure.
ODP Closure adalah sebuah kotak hitam yang terpasang pada kabel jaringan telepon utama SCPT dan kabel SSW, dan untuk letak pemasangan bisa berada dekat dengan tiang telepon atapun terpasang pada pertengahan kabel diantara dua tiang telepon.


2. ODP Pole.
ODP Pole adalah sebuah kotak terminal kabel fiber optik yang di pasang pada tiang kabel telepon yang berfungsi sebagai tempat untuk membagi core serat optic dari kabel utama ke pelanggan.


3. ODP Pedestal.
ODP Pedestal adalah sebuah tabung yang berisi sambungan kabel fiber optik yang di letakan di atas tanah, dan umumnya ODP Pedestal atau ODP tanah di pasang di sekitar komplek perumahan ataupun area perkantoran.



ODP dipasang harus sesuai dengan peruntukannya, ODP Pole hanya boleh dipasang pada tiang, ODP Pedestal dipasang pada permukaan tanah, ODP Wall dipasang pada dinding dan ODP Clousure hanya boleh dipasang pada kabel SCPT dan kabel SSW baik pada pertengahan gawang maupun di dekat Tiang.

Cara pemasangan ODP dengan cara mengupas salah satu core dari  kabel distribusi secara urut. Kemudian core tersebut dimaskukan kedalam pasif, pasif yang biasa digunakan pada ODP yaitu pasif 1/8 tergantung kebutuhan. Sehingga pasif tersebut di split menjadi delapan core.

Dari diagram diatas salah satu core akan di potong dan diterminasi memakai konektor dan di hubungkan ke splitter yang berfungsi memperbanyak core yang akan di salurkan ke pelanggan. Spesifikasi splitter tergantung bisa 1:8 atau 1:16 menyesuaikan jumlah pelanggan. Sementara core yang lain yang ada pada kabel distribusi akan di hubungkan ke ODP selanjutnya yang kemudian akan di splitter lagi.

Untuk kabel yang ke rumah pelanggan biasanya menggunakan kabel jenis drop core 1 core yang nantinya akan di sambung dengan kabel pigtail fiber optic dari roset masuk ke modem ONT.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Penjelasan dan Macam ODP Jaringan Fiber Optik"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top